Home » , » Kelompok Ternak Sapi Potong ( Tani Makmur ) Dalam Program KKP-E

Kelompok Ternak Sapi Potong ( Tani Makmur ) Dalam Program KKP-E

Ditulis Oleh Unknown Tanggal 19 Juli 2014 | 02.05

Kelompok Ternak Sapi Potong “TANI MAKMUR “ yang berlokasi di Wilayah RT 02 RW o7 Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan Kab. Bandung berdiri sejak 01 Januari 2013 memang terbilang masih cukup muda dalam menjalankan Kelompok, akan tetapi dengan kegigihan dan kekompakan Kelompok Ternak tersebut dapat dijadikan Percontohan bagi Kelompok-kelompok Tani atau Ternak lainnya.
Terbukti sejak di salurkannya Program dari Bank Rakyat Indonesia ( BRI ) yaitu Program KKP-E ( Kredit Ketahanan Pangan dan Energi Peternakan ) yang bertujuan membantu Kelompok Tani yang ada di daerah untuk lebih maju lagi telah dilaksanakan dengan baik dan bisa dikatakan berhasil dalam kurun waktu enam bulan ini terbilang sejak didirikannya Kelompok Ternak Sapi Potong tersebut, dengan adanya Program KKP-E dari Bank BRI, Kelompok Ternak Sapi Potong Tani Makmur kini semakin maju dalam hal penyediaan Sapi Potong yang ada di Wilayah Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan Kab. Bandung.
“ Kemajuan dapat dilihat dari hasil Penjualan dalam enam bulan ini bahwa dalam jangka yang begitu singkat Kelompok Ternak Sapi Potong ini sudah dapat mengembangkan dari pertama Bank BRI memberi Kredit sekitar 42 Ekor sedangkan sekarang sudah mencapai 60 Ekor sungguh itu merupakan keberhasilan yang cukup memuaskan “ Tegas salah seorang Staf dari Bank BRI
“ Alhamdulillah Kelompok Ternak Sapi Potong Tani Makmur ini telah berkembang pesat dengan dibuktikannya angsuran Kredit dari Bank berjalan lancar dan populasi bertahan juga itu cukup menggembirakan “ Tambah Staf dari Bank BRI tersebut
Kelompok Ternak Sapi Potong “ Tani Makmur “ yang diketuai oleh E. Suryaman mempunyai Delapan Belas Anggota yang masing – masing Anggota mendapat Kredit sapi dari Pihak Bank BRI sebanyak tiga ekor yang mencapai keseluruhan Kredit sebesar Rp. 846.000.000.- ( Delapan Ratus Empat Puluh Enam Juta ) dan sekarang sudah mencapai Satu Miliar lebih.
Sedangkan kendala pada Kelompok ini adalah tidak adanya lahan yang luas untuk digunakan sebagai lahan Pakan sapi ( Rumput ), diharapkan kedepannya kendala tersebut dapat hilang dengan adanya lahan, Memang untuk lahan menanam rumput untuk saat ini belum ada akan tetapi mudah-mudahan kedepannya dapat terlealisasi agar kami dapat mengembangkan Sapi Potong ini lebih banyak lagi “ Tegas E. Suryaman
Terlepas dari Permasalahan yang dihadapi Kelompok Ternak Sapi Potong ini, Kepala Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan Kab. Bandung Ijang Suryana siap membantu memberi lahan tersebut dengan mempergunakan lahan yang ada yaitu Tanah Carik Desa sekitar 400 Tumbak di Wilayah Desa Mandalamekar.
“ Pemerintah Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan memang tidak tinggal diam dalam hal ini sebab Kelompok Ternak ini memang untuk saat ini menunjukan keberhasilan yang seyogyanya dapat ditiru oleh Kelompok Ternak atau Kelompok Tani yang lain, dan untuk Kendala saat ini yaitu Lahan untuk Pakan ternak, Kami daro Pihak Pemerintah Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan memberi Lahan Carik Desa Mandalamekar seluas 400 Tumbak untuk dijadikan lahan Pakan ternak mudah-mudahan dengan adanya lahan tersebut Kelompok Ternak ini dapat semakin maju dan dapat menunjang Perekonomian Khususnya Anggota Kelompok dan perekonomian Masyarakat lain kedepannya “ Tegas Ijang Suryana pada acara Sosialisasi Kelompok bersama Bank BRI.
Dari keberhasilan tersebut diharapkan Kelompok Ternak Sapi Potong ini dapat dijadikan Contoh oleh Kelompok-kelompok lainnya dan dapat dijadikan barometer baru untuk Desa Mandalamekar Kec. Cimenyan dalam mengelola Perekonomian Masyarakat Desa Mandalamekar.
Bagikan Melalui : :

Posting Komentar

Komentar, Kritik dan Saran Anda Akan Memotivasi Kemajuan Desa Mandalamekar

 
© 2010. Desa Mandalamekar - Hak Cipta di Lindungi Undang - Undang