Home » » Dana Senilai Rp. 31 Miliar Lebih, Disiapkan Untuk Tanggulangi Kemiskinan

Dana Senilai Rp. 31 Miliar Lebih, Disiapkan Untuk Tanggulangi Kemiskinan

Ditulis Oleh Unknown Tanggal 1 Juli 2012 | 19.00


Dana senilai 31.605.940.000,- disiapkan pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan di Kabupaten Bandung. Dana sebesar itu berasal dari APBN dan APBD Kabupaten Bandung tahun 2012 yang digulirkan melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

"PKH ini merupakan bagian dari program penanggulangan kemiskinan yang lebih difokuskan pada upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada masyarakat miskin..", ungkap Wakil Bupati Bandung H. Deden Rukman Rumaji, S.sos saat membuka Rapat Koordinasi PKH Kab. Bandung tahun 2012. Di aula Bappeda Pemkab Bandung, Rabu (20/6). Turut hadir Kepala Dinas sosial Kab. Bandung Dra. Hj. Nina Setiana, M.Si, Kepala Bappeda Ir. Ernawan Mustika, M.Si.

Deden Rukman Rumaji menyebutkan ada empat manfaat yang bisa diperoleh dengan digulirkannya PKH. Pertama, mengubah perilaku keluarga miskin untuk memberikan perhatian yang besar kepada pendidikan dan kesehatan anaknya. Kedua,  untuk jangka pendek memberikan income effect kepada rumah tangga miskin melalui pengurangan beban pengeluaran rumah tangga msikin. Ketiga,  untuk jangka panjang dapat memutus rantai kemiskinan antar generasi melalui peningkatan kualitas kesehatan atau nutrisi, pendidikan dan kapasitas pendapatan anak di masa depan. "Manfaat keempat yaitu mengurangi pekerja anak, karena kewajiban anak-anak adalah belajar atau sekolah bukan bekerja..",kata Deden Rumaji.

Kepala Dinas Sosial Kab. Bandung Dra. Hj. Nina Setiana, M.Si mengungkapkan, jumlah Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) di Kabupaten Bandung tercatat 22.446 keluarga yang tersebar di 19 kecamatan dan 164 desa. Sementara jumlah pendamping PKH di Kab. Bandung sebanyak  96 orang ditambah tenaga operator 9 orang.

Di Kabupaten Bandung sendiri, PKH Menurut Nina Setiana telah berjalan selama 6 tahun anggaran yang dimulai Thn 2007 lalu. "Dari hasil evaluasi yang telah kami lakukan, Alhamdulillah PKH di Kabupaten Bandung berjalan lancar sesuai dengan prosedur yang berlak..",kata Nina Setiana.

PKH menurutnya merupakan bantuan stimulant yang diberikan kepada keluarga sangat miskin, agar mereka mampu melaksanakan kewajibannya dibidang kesehatan dan pendidikan. Program ini menurutnya pula khsusus diberikan kepada ibu-ibu atau wanita dewasa dari rumah tangga sangat miskin yang tengah mengurus atau mengasuh anak.

Agar penggunaan dana PKH tersebut tepat sasaran, maka para penerima PKH akan didampingi para pendamping yang ditunjuk resmi pemerintah. " Mungkin perlu saya ingatkan kembali, bahwa dana PKH bukan untuk keperluan konsumtif, namun dikhususkan untuk membiayai kesehatan dan pendidikan..",tutur Nina Setiana.



Sumber : website resmi Kabupaten Bandung / Humas Setda Kabupaten Bandung



Bagikan Melalui : :

Posting Komentar

Komentar, Kritik dan Saran Anda Akan Memotivasi Kemajuan Desa Mandalamekar

 
© 2010. Desa Mandalamekar - Hak Cipta di Lindungi Undang - Undang